Rabu, 07 Desember 2016

Memulai bisnis dengan berkah, InsyaAllah melimpah


Di era digital yang semakin berkembang, handphone seolah tidak bisa lepas dari tangan, media sosial tidak lepas dari pandangan mata, informasi yang begitu cepat tersebar menjadi viral. 

Tidak bisa dipungkiri mau tidak mau, suka tidak suka kitapun terikut arus.. WA, FB, PATH, Instagram, dll.. 

Ini sebenarnya juga bisa menjadi potensi peluang untuk kita muslimah dalam berbisnis. Bisnis yang dijalankan secara online kini sudah kian menjamur. Bahkan bisnis offline pun akhirnya meng online kan bisnisnya agar tidak ketinggalan dan tenggelam. 

Bisnis sekarang menjadi suatu pekerjaan yang menjanjikan, baik untuk ibu Rumah tangga, mahasiswa, muslimah yang sudah menikah maupun yang belum. 

Karena dalam berbisnis bisa memberikan waktu yang fleksibel, hasil yang sesuai dengan usaha kita dalam menjalankan bisnis. 
Bisnis apa bagus ? Bisnis yang bagus adalah bisnis yang dijalankan secara syari dan bisnis yang dibuka, bukan hanya jadi sekedar ide atau impian. 😄

Yang tau bisnis apa yang sebaiknya dijalankan adalah kita sendiri, cari peluang dengan menjual sesuatu yang dibutuhkan, namun sebaiknya yang sesuai dengan yang kita sukai, hobi atau keahlian kita sendiri, sehingga ketika menjalankannya bisa enjoy dan yang pasti harus sesuai syariah, agar tenang dalam menjalankan bisnisnya. 

Jika Serius menjalankan , maka hasilnya pun sepadan, tapi jika main-main, hasilnya pun main-main. Dan yang terpenting dengan waktu yang fleksibel dalam berbisnis, kita masih bisa menjalankan dan tidak melupakan kewajiban-kewajiban kita sebagai muslimah.

Dalam Islam jual beli diperbolehkan, tapi Allah mengharamkan riba. 
Allah Ta’ala berfirman:
وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا
“Dan Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.” [Al-Baqarah: 275]

Juga berfirman:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُم بَيْنَكُم بِالْبَاطِلِ إِلَّا أَن تَكُونَ تِجَارَةً عَن تَرَاضٍ مِّنكُمْ
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang bathil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama suka di antara kamu.” [An-Nisaa': 29)]

Dalam memulai suatu bisnis kadang kita bingung, ide udah ada , tapi modal nya gimana?? 

Itu yang sering jadi permasalahan kita, khususnya bagi muslimah. 
Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk bisa menjalankan bisnis secara syar'i , diantaranya 
Pakai uang tabungan sendiri, dengan modal seadanya menjalankan bisnis yang sesuai dengan modal. 

Jika ternyata tidak punya tabungan, 
Bisa dengan memanfaatkan hobi/keahlian, membuat kerajinan, pernak pernik dll yang kemudian dijual. 

Jika ternyata tidak punya tabungan dan keahlian, bisa dengan pinjaman tanpa bunga/riba . Pinjaman tanpa bunga mungkin rada susah dijaman sekarang tapi yakinlah, pasti bisa.. 

untuk memulai suatu usaha sebaiknya dimulai dengan sesuatu yang halal dan berkah agar bisnisnya diridhoi Allah .  Caranya Bisa pinjam dengan orang tua, saudara, keluarga atau siapa saja yang mau meminjamkan tanpa bunga. 

Jika ternyata tidak ada yang bisa meminjamkan, Islam memberikan kemudahan lagi untuk menjalankan bisnis secara syari yaitu dengan cara bersyirkah,ada 4 jenis syirkah
  1. Syirkah inan
  2. Syirkah abdan
  3. Syirkah wujuh
  4. Syirkah mufawadhah 
(Untuk penjelasannya silahkan googling 😀

Kemudian jika ternyata dari solusi 4 syirkah diatas pun tidak ada yang bisa dijalankan. Maka bisa dengan pelan-pelan mengumpulkan modal, setelah modal terkumpul barulah memulai bisnis yang diinginkan. Bisa untuk permulaan mencoba menjadi reseller suatu produk. 
Membeli barang nya terlebih dahulu dari supplier kemudian dijual kembali. 

Tapi ternyata jika dengan upaya-upaya diatas pun
Belum bisa dijalankan, bisa dengan  cara berjualan tanpa modal, yaitu menjualkan barang orang lain / sebagai makelar. Setelah terkumpul modal dan mantap, baru lah memulai bisnis yang diinginkan.. 

Semoga bermanfaat bagi kita dalam memulai bisnis yang syari, tidak mudah tergoda dengan kemudahan-kemudahan dalam me dapatkan modal tapi menjadi musuh Allah dan Rasul NYA.

Allah berfirman : 
يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَذَرُوا مَا بَقِيَ مِنَ الرِّبَا إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِيْنَ. فَإِنْ تَفْعَلُوا فَأْذَنُوا بِحَرْبٍ مِنَ اللهِ وَرَسُوْلِهِ وَإِنْ تُبْتُمْ فَلَكُمْ رُؤُوْسُ أَمْوَالِكُمْ لاَ تَظْلِمُوْنَ وَلاَ تُظْلَمُوْنَ
“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kalian orang-orang yang beriman. Jika kalian tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangi kalian. Dan jika kalian bertaubat (dari pengambilan riba), maka bagi kalian pokok harta kalian; kalian tidak menganiaya dan tidak (pula) dianiaya.” (Al-Baqarah: 278-279)

Berani memulai bisnis dengan syari agar selalu dalam ridho Allah. karena bisnis bukan hanya untung rugi tapi juga surga dan neraka. 

مَنْ جَدَّ وَجَدَ - Man jadda wajada bermakna "sesiapa yang berusaha (Inshallah) akan mendapat apa yang diusahakannya"..



Kamis, 03 November 2016

lagi lagi bersyukur

Tetap banyak yang bisa disyukuri dg kejadian kemarin, apa yg trjd adalah skenario yang trbaik bagi Allah. Preekalmsia adalah penyebab kematian no 2 pada ibu hamil. 

Yaa Allah, Alhamdulillah masi diberi keselamatan dan kekuatan walaupun tekanan darah selalu dikisaran 180-200 selama bbrpa minggu dan hrs melahirkan sblm wktunya.. 

Bs melahirkan secara normal, bersyukur, krn ada yg krn kndisi kesehatan hrs mlhrkan scra sc.

Bs melahirkan sc, hrs brsyukur, krn ada yg bhkn seorg istri blm merasakan namanya hamil. 

Bs melahirkan saat cukup bulan dan berat BB bayinya bagus hrs brsyukur, ada yg krn kndisi kesehatan hrs melahirkan sebelum waktunya sehingga BAyinya kecil. 

Yang hrs melahirkan sblm wktunya hrus bersyukur, ada yang bahkan tidak bisa selamat saat melahirkan.. 

Terkadang hal yg seolah2 normal dan biasa2 saja membuat kita lupa bersyukur.. ada terlalu banyak hal yang bisa disyukuri .. #selfreminder 

Yaa Allah jauhkan dan lindungi kami dari sikap sombong dan kufur nikmat.. Amiinnn.. 


Jumat, 21 Oktober 2016

Selalu Bersyukur, dan bersyukur

21 september 2016, 16.10 wita 
Sebulan yang lalu kamu hadir dalam hidup umi dan abi, semua prosesnya tidak mudah, abi sedang ibadah haji dan Di usia kehamilan 33 minggu umi divonis preeklamsia dg protein +2, bingung, khawatir semua perasaan campur aduk karena dokter menjelaskan semua resikonya, dan jalan terbaik mengatasi preeklamsi adalah terminasi.. Mengeluarkan bayi isecepatnya.. 

Tapi saat USG beratmu masi sangat kecil, karena tekanan darah yang tinggi, suplai oksigen dan nutrisi melalu plasenta tidak maksimal , sehingga beratmu masi dibawah normal.. Dan yang pasti paru2mu belum matang.. 

Sedih nak.. Harus membayangkan mu yang belum siap tapi harus dikeluarkan untuk keselamatan kita ber2. 
Tapi umi tetap ikhtiar dan abi yang tidak henti mendoakan mu di masjidil haram.. Akhirnya umi opname dan diobservasi, segala macam obat dimasukan, pematang paru untukmu (berjaga2 semisal kamu harus segera dilahirkan), penurun tekanan, anti kejang dll.. 
Alhamdulillah setelah diobservasi ada perbaikan, protein nya turun +1 jadi umi bs pulang dan rawat jalan. 

Saat mengandung mas khalid mu dulu, umi juga terkena preeklamsia tapi saat itu alhmdulillah sudah cukup bulan jadi sudah siap diterminasi. Qodarullah kehamilan ke2 ini umi kena lagi dan lebih cepat dari kehamilan sebelumnya. 

Usia kehamilan 34-35minggu, umi lebih sering kontrol kedokter , tekanan umi masi tidak stabil masi di kisaran 180/110 waktu itu.. Tapi sama sekali tidak merasakan apa2 pusing, kunang2 dll, semua terasa normal.. Tp kata dokter justru yang seperti itu yang berbahaya, karena tekanan tinggi karena preeklamsia (keracunan kehamilan) dan hipertensi biasa beda.. Tekanan menajdi tinggi karena keracunan kehamilan tsb, dan biasanya segera setalh bayi dilahirkan, tekanan akan menjd normal kembali.. Jadi dokter menyarankan utk segera terminasi akhir bulan september, padahal HpL mu bulan oktober.. Karena terlalu beresiko kalau ditunda lebih lama, umi dan abi pasrah berharap yang terbaik tp juga mempersiapkan yang terburuk sambil tidak berhnti berdoa yang tebaik utk kita. 

Usia kehamilan 36 minggu seluruh tubuh terasa sakit semua, Gerakmu juga tidak seaktif biasanya lagi.. Badan umi terasa sakit semua
Hampir tdk bs bangun, Semua perasaan campur aduk,abimu tdk henti mesupport, sampai tanggal 20 september kepala umi pusing luar biasa, ada firasat.. Mungkin ini saatnya.. 

Dan benar, saat umi periksa tekanan mencapai 200/110 , cek urin protein naik +3 , tidak sempat menunggu akhir bulan, dokter sangat menyarankan utk segera di terminasi karena beresiko tinggi.. 

Dengan segala perasaan campur aduk, abi pun merasakan hal hal yang sama , umi dan abi hanya bisa menangis sambil terus berdoa yang terbaik. umi opnme lagi untk persiapan operasi, masi sempat dimasukan pematang paru , anti kejang dan penurun tekanan.. 

Tapi alhamdulillah kamu lahir dengan selamat dan sehat meski tubuhmu mungil, tak apa.. nanti besar diluar ya.. kita berjuang bersama.. 

Alhamdulillah kamu lahir dengan sehat dan selamat, masuk incubator 1 hari, Allahu Akbar.. (terima kasih utk smua yg sdh mndoakan) 

Semoga umi bs mnjdi umi yang terbaik utkmu,guru pertamamu, skligus mnjadi sahabat yg mnjdi tempat curahan hatimu.. 

Sehat selalu panjang umur anak ku "Aisha Fathiya Mecca" semoga selalu bisa meneladani perilaku istri rasul SAW, dilimpahkan banyak berkah, rezeki, kesehatan dan sllu dlm lindungan srta ridho Allah.. Aamiinn 







Jumat, 13 Mei 2016

Lucunya Suami Istri

Terkadang sebagian orang yang berstatus suami dan istri memiliki reaksi yang berbeda saat ada masalah diluar

Jika suami sedang ada masalah,dia lebih suka diberi ruang, dibiarkan, cukup didiamkan sejenak, tanpa rentetan pertanyaan yang justru membuat pikiran makin kacau, meskipun niat si istri ingin meringankan beban suaminya.. 
Ketika dia siap atau ingin cerita, maka dia akan cerita dengan sendirinya tanpa diminta.. 

Berbeda dengan si istri, ketika wajahnya mulai kusut, sang suami
Hanya cukup dengan peka , bertanya ada apa? Maka istri dengan suka rela menceritakan semuanya.. Meskipun awalnya ada sedikit drama,pura2 ga mau cerita.. Tapi kalo suami (pura2) penasaran , bs bikin istri bahagia 😂

Bayangkan jika suami pulang kerja dg membawa pikiran/ masalah ditanya2 sm istrinya, kenapa pa? Kok mukanya gitu? Ada masalah? Masalah apa? Si anu begitu lagi? Atau si itu melakukan ini lagi? 

Suami tambah pusing,akhirnya nyuekin si istri, nahh sang istri pun akhirnya ngambek krn dicuekin , jadilah masalah suami yg awalnya 1 menjadi 2 

Pas kejadian istri lg ada masalah, krn suami kurang peka dan ga ngerasa ada salah jg, cuek aja tu muka istri telipat2, asik sendiri sm anak atau gadget. Akhirnya sang istri marah,krn suaminya cuek ga peka ga mau dengar ceritanya bla.. Bla.. Bla.. Marahnya istri yg awalnya cuma krn 1 hal jadilah 2 

-Eva Suci Ramadhani-



Selasa, 22 Maret 2016

Selamat Jalan Pintu Surgaku

22 maret 2016 adalah hari yang tidak akan terlupakan olehku, dan saudari2 ku..


Ratu dalam hidup kami pergi untuk selamanya.. 
Selamat jalan bidadariku.. kesayanganku..  yang paling cantik di hidup kami.. Aku rindu saat2 memandikanmu , membersihkan tubuhmu sambil kita bercerita, tp hari itu aku hrus memandikanmu terakhir kali tanpa satu kata darimu.. Terima kasih sudah melahirkan dan merawat kami dengan sangat baik, tumbuh menjadi anak2 yang terus mencoba taat pada aturan Allah.. Semoga kami bs selalu mnjd investasi akhirat bagimu.. Tunggu kami di surgaNya.. Kami ikhlas... 
Hj.Mastuti binti Wakidjan 
22 maret 2016 
Al-fatihah...


Rabu, 03 Februari 2016

Sharing

Mohon ijin sharing sedikit. 
Dulu ga tau kalo kalo yg saya lakukan itu namanya hypnoparenting. Cm ya saya sm suami mmng sudah sering memberikan sugesti2, terutama saya saat ngeloni khalid tidur. 
Baru tau kalo itu termasuk hypnoparenting. Tp sy sdh bbrp kali mrsakan manfaatnya. 

Pertama kali itu saat hamil, nama khalid itu , dia sendiri yg milih. Dulu ada 2 opsi nama , 1.omar 2. Khalid 
Dulu saya sm suami lebih tertarik ke omar krn pas itu lg hits film omar. Nah wktu masi dlm kandungan saya tanya ke bayinya, krn pas hamil saya suka ajak ngomong itu perut 🙈 . Nah sy tnya lebih suka omar apa khalid. 
Saya sebut omar tunggu 1 menit gada respon, begitu saya sebut khalid langsung nendang. Awalnya ah itu kebetulan.. Saya ulangi sekitar 1 minggu. Hasilnya sama. Pas omar diem, pas khalid nendang lg. Akhirnya dipilih nama khalid. 😁
Mungkin tau krn abinya punya usaha dg brand panglima 😅 
Entah itu kebetulan atau apa wallahu a'lam 😇 


Krng tau kapan pastinya cuma setelah itu kok ky emang pilihannya ya diteruskan aja komunikasi gt, 
Trus setiap mau ketempat baru, atau sesuatu yg perlu kerjasamanya pasti kami komunikasikn dulu, sprti dulu pas dari semarang ke jakarta naik mobil, tenang sekali. Pdhal sepertinya sih khalid itu tipenya kinestetik ga bs diem. Trus pas keundangan, trus pas saya berdua saja sm khalid naik pesawat. (Dulu pernah di share pak puh) dan bbrpa kejadian lain, khalid bs bekerja sama ee.. Kdng smp takjub sndri.. 😅 

Saya sm suami punya kalimat sakti / sugesti / bisa dibilang doa jg. utk khalid. Yg diulang sehari bs 10 x lebih. Setiap nyium itu yg diucap. Mau nidurkan itu yg ucap. 
Khalid anak soleh, cerdas, aktif , kuat,tangguh, sehat, tenang, sabar, banyak makan, lahap makan, suka berbagi,mudah dirawat, mudah dididik, percaya diri, ceria, bahagia.. Ituuuu terus diulang2 😁 alhamdulillah beberapa sbgian besar sudah terjadi..


Jumat, 22 Januari 2016

Berjuang bersama

"Adakah wanita yg mau diajak hidup susah? "

"Cari istri sekarang tu yang mau diajak susah" 

Untuk pria, ketahuilah wanita yg mau kau nikahi sdh dirawat dg baik oleh ibu dan ayahnya hingga dewasa, bagaimana bisa kau tega membuatnya yang setelah ijab kabul , meninggalkan orang tuanya , memprioritaskan keluarga barunya, melayani dan mengabdi padamu untuk hidup susah? 

Bagaimana jika kau ganti ajakan hidup susah itu dengan berjuang bersama? 
Bukankah lebih indah,Dan tidak menuntut 1 pihak saja? 

ketahuilah tidak semua wanita itu matre, kebanyakan adalah wanita realistis.. Bagaimanapun untuk hidup dengan baik dan layak perlu biaya.. 
Setelah menikah kau akan tau ternyata tidak semua masalah bisa diatasi dengan cinta. 

Tidak semua wanita menuntutmu punya pekerjaan tetap, yang dituntut adalah tetap bekerja, krn menafkahi akan mnjadi kewajibanmu bukan? 

Dengan kata berjuang bersama , kau para pria bertanggung jawab dan berusaha sekerasnya untuk terus meningkatkan kehidupan keluarga,meskipun awal pernikahan harus hidup dengan sangat sederhana.. Wanita akan rela, karena tau kau sedang berusaha sekuat tenaga.. 

Tapi jika kau hanya mengajak wanita mu hidup susah maka patut dipertanyakan kelelakianmu,. apakah tidak ada dalam visi mu untuk membuat keluargamu hidup dengan lebih baik,memberi pendidikan yang terbaik untuk anakmu, kendaraan yang terbaik untuk keluargamu.. 

Ajaklah wanitamu berjuang bersamamu, krn itulah wanita yang setia berdiri disamping untuk terus mendukung dan mendoakan keberhasilanmu hingga akhir.. 

Berjuanglah bersama, asal jangan terlalu lama.. 

Man jadda waa jadda

Happy 4th anniversary suamiku.. Terima kasih untuk segalanya.. I love u..

-Eva Suci Ramadhani-